biaya ganti kampas kopling mobil matic | roojai.co.id

Kampas kopling pada mobil matic berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan transmisi. Dan memastikan perpindahan tenaga dari mesin ke roda berjalan dengan halus. Jika kampas kopling mulai aus, gejala seperti perpindahan gigi yang tidak mulus atau mobil terasa tidak responsif bisa muncul. Demi kenyamanan berkendara, penting untuk mengganti kampas kopling secara berkala. Komponen ini punya peran besar dalam menjaga performa transmisi mobil tetap halus dan optimal. Sebelum melangkah ke bengkel, sebaiknya kamu mengetahui berapa estimasi biaya kampas kopling mobil matic kesayangannmu.

Pada umumnya biaya ganti kampas kopling tentunya berbeda untuk setiap merk dan tipe mobil. Begitu juga dengan lokasi service. Yuk, cari tahu disini estimasi lengkapnya!

Konten

  1. Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil di Bengkel Resmi
  2. Harga Kampas Kopling Mobil Matic di Bengkel Umum
  3. Kapan Kamu Perlu Mengganti Kampas Kopling Mobil?
  4. Ciri Kampas Kopling Mulai Habis
    1. Hal yang Menyebabkan Kampas Kopling Cepat Habis
      1. Bahayanya Kampas Kopling Mobil Matic Habis

        Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil di Bengkel Resmi

        Berapa biaya ganti kampas kopling untuk mobil matic? Di bengkel resmi, estimasi biayanya bisa bervariasi tergantung model mobil. Berikut kisaran harga yang bisa kamu pertimbangkan:

        • Daihatsu Ayla: Rp2.500.000 – Rp3.000.000

        • Daihatsu Xenia 1.0 L: Rp3.500.000 – Rp4.500.000

        • Daihatsu Xenia 1.3 L: Rp4.000.000 – Rp5.000.000

        • Daihatsu Terios: Rp5.000.000 – Rp6.500.000

        • Toyota Avanza: Rp4.500.000 – Rp5.500.000

        • Toyota Agya: Rp2.500.000 – Rp3.500.000

        • Toyota Innova: Rp6.500.000 – Rp7.500.000

        • Toyota Vios: Rp5.000.000 – Rp6.500.000

        • Honda Jazz MT: Rp5.000.000 – Rp6.500.000

        • Honda HR-V: Rp5.500.000 – Rp6.500.000

        • Honda Mobilio: Rp4.500.000 – Rp5.500.000

        • Honda Freed: Rp5.000.000 – Rp6.000.000

        • Honda Brio: Rp3.000.000 – Rp4.500.000

        • Suzuki Ertiga: Rp4.500.000 – Rp5.500.000

        • Suzuki S-Cross: Rp5.000.000 – Rp6.500.000

        • Suzuki Karimun: Rp2.500.000 – Rp3.500.000

        Harga Kampas Kopling Mobil Matic di Bengkel Umum

        Kalau kamu ingin alternatif yang lebih terjangkau, bengkel umum bisa menjadi pilihan. Biasanya, biaya penggantian kampas kopling di bengkel umum lebih murah dibanding bengkel resmi. Berikut perkiraan biayanya:

        • Mobil kecil seperti Daihatsu Ayla atau Toyota Agya: Rp1.500.000 – Rp2.500.000

        • Mobil menengah seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, atau Suzuki Ertiga: Rp3.000.000 – Rp4.500.000

        • Mobil besar seperti Toyota Innova atau Honda HR-V: Rp5.000.000 – Rp6.500.000

        Pastikan kamu memilih bengkel yang tepercaya agar penggantian kampas kopling dilakukan dengan tepat dan tidak merusak komponen lain. Jangan lupa, kualitas kampas kopling juga bisa memengaruhi harga dan performa kendaraanmu.

        Kapan Kamu Perlu Mengganti Kampas Kopling Mobil?

        Sebetulnya, tidak ada patokan pasti mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas kopling. Sebab hal ini tergantung dari tata cara pemakaianmu dan rutin tidaknya dilakukan perawatan dan penggantian oli. 

        Jika pemakaianmu terbilang baik dan teratur, kampas kopling bisa bertahan hingga mobil menempuh jarak 100 ribu kilometer. Namun jika pemakaiannya kurang teratur dibarengi dengan jarangnya dilakukan perawatan dan penggantian oli transmisi, maka usia kampas kopling bisa berubah jadi lebih pendek. 

        Yang jelas, pemilik kendaraan harus peka dalam merasakan perubahan yang terjadi pada mobilnya. Jika mobil terasa melemah akselerasinya atau tak lagi mampu dibawa menanjak, sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk dicek kampas koplingnya. Jangan lupa menyiapkan budget lebih sebagai biaya perawatan mobilmu.

        Ciri Kampas Kopling Mulai Habis

        Mungkin banyak pemilik kendaraan yang ogah-ogahan dalam melakukan cek kampas kopling mobil karena takut memikirkan besarnya biaya ganti kampas kopling mobil matic yang relatif mahal. 

        Padahal jika tak rutin dicek, biaya penggantian kampas kopling yang sudah sangat tipis dan merusak komponen lain bisa tambah membengkak. 

        Kamu dapat melakukan cek kampas kopling mobil dengan melakukan pengecekan rutin secara berkala di bengkel kepercayaanmu. 

        Tapi di luar itu, kamu juga bisa memperhatikan gejala-gejala yang menunjukkan terjadinya penipisan di kampas kopling mobilmu. Ciri-ciri kampas kopling mulai habis adalah sebagai berikut:

        1. Mobil bergetar

        Kampas kopling yang kondisinya telanjur habis biasanya dapat membuat komponen menjadi gosong dan membuat mobil terasa berguncang atau bergetar. 

        2. Perpindahan gigi terasa kasar atau nyangkut

        Pertanda kedua yang bisa mengindikasikan kampas kopling mobil habis adalah perpindahan gigi terasa kasar, bahkan mengeluarkan bunyi dan terasa tertahan selama beberapa saat atau nyangkut. Jika kampas kopling habis total, bisa saja gigi terkunci di salah satu posisi tertentu dan tak bisa dipindahkan.

        3. Starter terasa ngelos

        Saat mobil distarter dan rasanya starter menjadi lebih ringan atau ngelos, bisa jadi tandanya kampas kopling mobilmu mulai tipis dan sudah waktunya untuk diganti. 

        4. Terjadi hentakan saat perpindahan transmisi

        Kamu juga bisa cek kampas kopling mobil habis atau tidak dari perpindahan transmisinya. Jika ada hentakan keras yang terasa, bisa jadi menandakan oli transmisi tak bisa menjaga perpindahan gigi saat RPM optimal. 

        5. Tercium bau hangus

        Pernah mencium bau hangus saat berkendara? Bisa jadi itu pertanda kampas kopling mulai habis dan perlu segera diganti. 

        6. Mobil tidak kuat menanjak

        Gejala kampas kopling mobil matic habis lainnya adalah mobil tidak kuat diajak menanjak. Hal ini disebabkan oleh tipisnya kampas kopling mobil yang sudah mulai aus, sehingga mobil jadi loyo meski gas sudah diinjak dalam-dalam.

        7. Putaran mesin makin tinggi dan suhunya meningkat

        Jika kamu berkendara dengan kecepatan biasa namun perputaran mesin justru terasa jadi lebih cepat dari biasanya, salah satu sebabnya adalah kampas kopling mobil mulai habis. 

        Sebab, kampas kopling yang mulai menipis akan menjadi licin dan mengakibatkan perputaran terjadi lebih sering dari biasanya. Hal ini juga mengakibatkan suhu di ruang mesin jadi lebih panas.

        8. Bahan bakar boros

        Pertanda kampas kopling mobil matic habis yang lainnya adalah konsumsi bahan bakar mobilmu jadi lebih boros dari biasanya. Kampas kopling yang habis membuatmu sering menekan pedal gas dalam-dalam. Hal inilah yang akhirnya membuat penggunaan BBM jadi lebih banyak.

        9. Oli berubah hitam

        Salah satu cara cek kampas kopling mobil lainnya adalah dengan melihat warna oli. Jika warnanya keruh dan berwarna kehitaman, bisa jadi merupakan tumpukan residu dari kampas kopling yang gosong. Artinya kampas kopling mobil sudah dalam kondisi benar-benar habis dan harus segera diganti. 

        10. Akselerasi mobil terasa melemah

        Akselerasi mesin mobil yang melemah juga menandakan kampas kopling mobil matic mulai habis. Sebab seiring dengan habisnya kampas kopling, akselerasi mobil pun semakin menurun. Jika biasanya mobil bisa menyentuh kecepatan 100km/jam dalam 10 detik, bisa mundur menjadi 15 hingga 20 detik. 

        Hal yang Menyebabkan Kampas Kopling Cepat Habis

        Penipisan kampas kopling sebenarnya pasti terjadi karena pemakaian, namun penipisan ini dapat terjadi lebih cepat jika dibarengi dengan kebiasaan menyetir yang buruk. Kebiasaan apa saja, sih yang bisa membuat kampas kopling cepat habis?

        1. Tidak menggunakan tuas transmisi yang tepat

        Biasanya, banyak pengemudi mobil matic yang malas memindahkan tuas transmisi ke posisi netral saat tengah terjebak kemacetan atau berhenti di lampu merah. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan kampas kopling mobil matic lebih cepat habis. 

        2. Memindahkan transmisi dengan kasar dan buru-buru

        Tak jarang pengemudi sering lalai saat memindahkan tuas transmisi. Misalnya tak menginjak pedal rem sebelum memindahkan tuas transmisi atau memindahkan tuas dengan kasar dan terburu-buru. Hindari kebiasaan ini ya kalau ingin kampas kopling mobilmu lebih awet dan tak cepat aus. 

        3. Jarang mengganti oli transmisi

        Kebiasaan buruk lainnya adalah malas melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli transmisi. Oli transmisi yang jarang diganti bahkan dibiarkan begitu saja akan merubah kandungan senyawa di dalam oli. Hal ini bisa merusak sistem transmisi mesin pada mobil matic dan membuat kampas kopling lebih cepat habis.

        Bahayanya Kampas Kopling Mobil Matic Habis

        Kampas kopling mobil yang habis ini bisa sangat berbahaya jika dibiarkan terus-menerus. Bahkan juga bisa merusak komponen mesin lainnya dan menimbulkan kerusakan yang fatal. 

        Beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat kampas kopling mobil habis adalah:

        1. Mobil kehilangan tenaga

        Mobil bisa terasa kehilangan tenaga atau ngempos jika kampas koplingnya habis. Hal ini bisa membahayakanmu yang tengah berkendara, lho. Misalnya, mobil kehilangan tenaga saat melaju di jalanan menanjak atau saat sedang dibawa menyalip di jalur cepat. 

        2. Mobil tidak bisa berjalan

        Jika kampas kopling ini jarang dicek berkala dan dibiarkan terlalu lama, akhirnya bisa merusak komponen clutch disc dan ujungnya bisa merusak flywheel dan plat penekan pada rangkaian mesin mobil. Kalau sudah begini, mobil pasti macet dan tak bisa berjalan sehingga harus diderek ke bengkel terdekat. 

        3. Mesin jadi lebih cepat panas

        Jika kampas kopling yang aus terus dipakai dalam jangka waktu lama tanpa diganti dengan yang baru, bisa merusak plat kopling dan rumah kopling. Kinerja mesin pun jadi lebih berat dan hasilnya mesin jadi cepat panas. Hati-hati, lho, hal ini bisa merusak mesin mobil jika dibiarkan berlarut-larut.

        Dari uraian di atas, kamu sadar betul bukan kalau perawatan mobil itu harus dilakukan secara rutin dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

        Lantas, bagaimana dengan bagian mobil lainnya? Berapa budget yang perlu disiapkan untuk merawat dan memperbaiki bagian mobil lain?

        Nah, tidak perlu khawatir. Saat ini, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan asuransi mobil. Ini bertujuan untuk memaksimalkan perlindungan terhadap mobilmu. Dengan memiliki asuransi, kamu bisa meminimalisir risiko besarnya biaya yang ditimbulkan selama perbaikan akibat berbagai risiko selama berkendara.

        Pilih asuransi mobil all risk agar kamu bisa terhindar dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat karena risiko berkendara.Roojai merupakan asuransi mobil terpercaya yang memiliki lebih dari 800 bengkel rekanan. Premi yang bisa disesuaikan budget dan kebutuhanmu menjadikan Roojai asuransi yang pas buat kamu.

        Muhammad Vigo Sofyan

        Ditulis oleh

        Muhammad Vigo Sofyan

        IT QA Specialist

        Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

        Bagikan:

        Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

        Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

        Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

        |

        Lihat premi dalam 30 detik.
        Gak perlu kasih info kontak!