Memiliki mobil memang membutuhkan ketelatenan. Sebab, mobil perlu perhatian dan perawatan khusus untuk menjaga performa dan kualitasnya supaya selalu optimal. Dengan begitu, kamu pun bisa berkendara dengan hati tenang dan bebas rasa waswas.
Salah satu komponen mobil yang memerlukan perhatian adalah kampas kopling. Tak hanya ada di mobil manual saja, kampas kopling juga ada di mobil matic, lho.
Nah, kampas kopling ini punya usia pemakaian sebelum akhirnya menipis dan habis. Jika sudah habis, akibatnya bisa berbahaya untuk mobil dan pengendaranya.
Maka dari itu kamu harus mengeceknya secara berkala atau menggantinya sesegera mungkin jika muncul gejala-gejala yang menunjukkan habisnya kampas kopling.
Namun sebelumnya, kamu harus tahu kisaran biaya ganti kampas kopling mobil matic di bengkel supaya kamu bisa menyiapkan dana yang cukup. Sebab, ongkos ganti kampas kopling ini tidaklah murah. Berikut adalah ulasan lengkapnya.
Biaya ganti kampas kopling mobil matic
Kalau kamu merasa mobilmu sudah menunjukkan tanda-tanda kampas kopling mulai tipis atau bahkan sudah habis dan gosong, maka kamu perlu segera membawa mobilmu untuk diperiksa dan diservis di bengkel spesialis kopling mobil.
Hal yang tentu jadi pertanyaan adalah berapa kisaran biaya ganti kampas kopling mobil matic.
Tak perlu khawatir, berikut telah kami rangkum kisaran harga kampas kopling mobil matic beserta ongkos jasa servisnya di bengkel resmi maupun di bengkel umum.
Biaya ganti kampas kopling mobil saja tanpa ongkos jasa servis
Berikut adalah biaya satu set spare part kampas kopling di bengkel resmi:
Daihatsu:
Daihatsu Ayla: Rp850.000
Daihatsu Xenia 1.0 L: Rp1.300.000 – Rp1.350.000
Daihatsu Xenia 1.3 L: Rp1.700.000
Daihatsu Terios: Rp1.600.000
Toyota:
Toyota Avanza: Rp1.350.000
Toyota Agya: Rp850.000
Toyota Innova: Rp1.700.000
Toyota Vios:Rp1.080.000
Honda:
Honda Jazz MT: Rp1.350.000
Honda HR-V: Rp2.700.000
Honda Mobilio: Rp2.700.000
Honda Freed: Rp1.140.000
Honda Brio: Rp2.700.000
Suzuki:
Suzuki Ertiga: Rp1.500.000
Suzuki S-Cross: Rp3.500.000
Suzuki Karimun: Rp900.000
Mitsubishi
Mitsubishi Xpander: Rp1.500.000
Biaya ganti kampas kopling mobil di bengkel resmi
Biaya perbaikan kampas kopling mobil matic yang telah disebutkan di atas belum termasuk jasa servis di bengkel. Biasanya, ongkos ganti kampas kopling mobil di bengkel resmi dikenai biaya sekitar Rp800 ribu hingga Rp900 ribu.
Memang biayanya cukup mahal. Namun hasilnya dijamin memuaskan karena telah dliakukan sesuai dengan standar operasional yang berlaku secara nasional di seluruh jaringan bengkelnya.
Misalnya kamu mengganti kampas kopling Toyota Avanza di Auto2000, maka dijamin hasil servisnya memuaskan karena dilakukan berdasarkan standar yang berlaku di seluruh gerai bengkel Auto2000.
Harga kampas kopling mobil matic di bengkel umum
Namun jika kamu merasa harga kampas kopling mobil matic di bengkel resmi melebihi budget yang kamu miliki, kamu juga bisa memilih bengkel umum untuk mendapatkan biaya yang lebih terjangkau.
Biasanya, untuk bengkel umum, biaya jasa servis kampas kopling dikenai biaya sekitar Rp350 ribu hingga Rp500 ribu saja. Lumayan ramah di kantong, bukan?
Fungsi kampas kopling di mobil matic
Kampas kopling merupakan salah satu komponen vital yang ada pada mobil. Bentuknya menyerupai piringan dengan bahan dasar asbes bercampur serbuk logam dan ditanam dekat flywheel yang terhubung dengan mesin.
Kampas kopling punya peran yang sangat penting, yakni menyalurkan tenaga dari dapur pacu menuju transmisi mobil. Ia bekerja dengan cara memutar input shaft pada transmisi dan menghubungkan dua poros yang berputar tersebut.
Tanpa kampas kopling, proses pemindahan daya dalam mesin mobil tidak akan bisa terjadi. Selain itu, kampas kopling juga bertugas meredam hentakan dan getaran yang muncul saat proses penyambungan dan pemutusan daya. Sehingga perpindahan transmisi mobil bisa berjalan dengan halus dan lancar.
Karena cara kerjanya berputar, kampas kopling ini menjadi salah satu komponen yang bisa mengalami penipisan dan wajib segera diganti jika telah aus. Sebab bisa menyebabkan kopling selip dan menimbulkan kerusakan mesin yang lebih parah kedepannya.
Ini 3 kebiasaan buruk yang bikin kampas kopling cepat habis
Penipisan kampas kopling sebenarnya pasti terjadi karena pemakaian, namun penipisan ini dapat terjadi lebih cepat jika dibarengi dengan kebiasaan menyetir yang buruk. Kebiasaan apa saja, sih yang bisa membuat kampas kopling cepat habis?
1. Tidak menggunakan tuas transmisi yang tepat
Biasanya, banyak pengemudi mobil matic yang malas memindahkan tuas transmisi ke posisi netral saat tengah terjebak kemacetan atau berhenti di lampu merah. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan kampas kopling mobil matic lebih cepat habis.
2. Memindahkan transmisi dengan kasar dan buru-buru
Tak jarang pengemudi sering lalai saat memindahkan tuas transmisi. Misalnya tak menginjak pedal rem sebelum memindahkan tuas transmisi atau memindahkan tuas dengan kasar dan terburu-buru. Hindari kebiasaan ini ya kalau ingin kampas kopling mobilmu lebih awet dan tak cepat aus.
3. Jarang mengganti oli transmisi
Kebiasaan buruk lainnya adalah malas melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli transmisi. Oli transmisi yang jarang diganti bahkan dibiarkan begitu saja akan merubah kandungan senyawa di dalam oli. Hal ini bisa merusak sistem transmisi mesin pada mobil matic dan membuat kampas kopling lebih cepat habis.
Bahayanya kampas kopling mobil matic habis
Kampas kopling mobil yang habis ini bisa sangat berbahaya jika dibiarkan terus-menerus. Bahkan juga bisa merusak komponen mesin lainnya dan menimbulkan kerusakan yang fatal.
Beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat kampas kopling mobil habis adalah:
1. Mobil kehilangan tenaga
Mobil bisa terasa kehilangan tenaga atau ngempos jika kampas koplingnya habis. Hal ini bisa membahayakanmu yang tengah berkendara, lho. Misalnya, mobil kehilangan tenaga saat melaju di jalanan menanjak atau saat sedang dibawa menyalip di jalur cepat.
2. Mobil tidak bisa berjalan
Jika kampas kopling ini jarang dicek berkala dan dibiarkan terlalu lama, akhirnya bisa merusak komponen clutch disc dan ujungnya bisa merusak flywheel dan plat penekan pada rangkaian mesin mobil. Kalau sudah begini, mobil pasti macet dan tak bisa berjalan sehingga harus diderek ke bengkel terdekat.
3. Mesin jadi lebih cepat panas
Jika kampas kopling yang aus terus dipakai dalam jangka waktu lama tanpa diganti dengan yang baru, bisa merusak plat kopling dan rumah kopling. Kinerja mesin pun jadi lebih berat dan hasilnya mesin jadi cepat panas. Hati-hati, lho, hal ini bisa merusak mesin mobil jika dibiarkan berlarut-larut.
Ini 10 ciri kampas kopling habis
Mungkin banyak pemilik kendaraan yang ogah-ogahan dalam melakukan cek kampas kopling mobil karena takut memikirkan besarnya biaya ganti kampas kopling mobil matic yang relatif mahal.
Padahal jika tak rutin dicek, biaya penggantian kampas kopling yang sudah sangat tipis dan merusak komponen lain bisa tambah membengkak.
Kamu dapat melakukan cek kampas kopling mobil dengan melakukan pengecekan rutin secara berkala di bengkel kepercayaanmu.
Tapi di luar itu, kamu juga bisa memperhatikan gejala-gejala yang menunjukkan terjadinya penipisan di kampas kopling mobilmu. Ciri-ciri kampas kopling mulai habis adalah sebagai berikut:
1. Mobil bergetar
Kampas kopling yang kondisinya telanjur habis biasanya dapat membuat komponen menjadi gosong dan membuat mobil terasa berguncang atau bergetar.
2. Perpindahan gigi terasa kasar atau nyangkut
Pertanda kedua yang bisa mengindikasikan kampas kopling mobil habis adalah perpindahan gigi terasa kasar, bahkan mengeluarkan bunyi dan terasa tertahan selama beberapa saat atau nyangkut. Jika kampas kopling habis total, bisa saja gigi terkunci di salah satu posisi tertentu dan tak bisa dipindahkan.
3. Starter terasa ngelos
Saat mobil distarter dan rasanya starter menjadi lebih ringan atau ngelos, bisa jadi tandanya kampas kopling mobilmu mulai tipis dan sudah waktunya untuk diganti.
4. Terjadi hentakan saat perpindahan transmisi
Kamu juga bisa cek kampas kopling mobil habis atau tidak dari perpindahan transmisinya. Jika ada hentakan keras yang terasa, bisa jadi menandakan oli transmisi tak bisa menjaga perpindahan gigi saat RPM optimal.
5. Tercium bau hangus
Pernah mencium bau hangus saat berkendara? Bisa jadi itu pertanda kampas kopling mulai habis dan perlu segera diganti.
6. Mobil tidak kuat menanjak
Gejala kampas kopling mobil matic habis lainnya adalah mobil tidak kuat diajak menanjak. Hal ini disebabkan oleh tipisnya kampas kopling mobil yang sudah mulai aus, sehingga mobil jadi loyo meski gas sudah diinjak dalam-dalam.
7. Putaran mesin makin tinggi dan suhunya meningkat
Jika kamu berkendara dengan kecepatan biasa namun perputaran mesin justru terasa jadi lebih cepat dari biasanya, salah satu sebabnya adalah kampas kopling mobil mulai habis.
Sebab, kampas kopling yang mulai menipis akan menjadi licin dan mengakibatkan perputaran terjadi lebih sering dari biasanya. Hal ini juga mengakibatkan suhu di ruang mesin jadi lebih panas.
8. Bahan bakar boros
Pertanda kampas kopling mobil matic habis yang lainnya adalah konsumsi bahan bakar mobilmu jadi lebih boros dari biasanya. Kampas kopling yang habis membuatmu sering menekan pedal gas dalam-dalam. Hal inilah yang akhirnya membuat penggunaan BBM jadi lebih banyak.
9. Oli berubah hitam
Salah satu cara cek kampas kopling mobil lainnya adalah dengan melihat warna oli. Jika warnanya keruh dan berwarna kehitaman, bisa jadi merupakan tumpukan residu dari kampas kopling yang gosong. Artinya kampas kopling mobil sudah dalam kondisi benar-benar habis dan harus segera diganti.
10. Akselerasi mobil terasa melemah
Akselerasi mesin mobil yang melemah juga menandakan kampas kopling mobil matic mulai habis. Sebab seiring dengan habisnya kampas kopling, akselerasi mobil pun semakin menurun. Jika biasanya mobil bisa menyentuh kecepatan 100km/jam dalam 10 detik, bisa mundur menjadi 15 hingga 20 detik.
Sebaiknya ganti kampas kopling mobil berapa KM sekali?
Sebetulnya, tidak ada patokan pasti mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas kopling. Sebab hal ini tergantung dari tata cara pemakaianmu dan rutin tidaknya dilakukan perawatan dan penggantian oli.
Jika pemakaianmu terbilang baik dan teratur, kampas kopling bisa bertahan hingga mobil menempuh jarak 100 ribu kilometer. Namun jika pemakaiannya kurang teratur dibarengi dengan jarangnya dilakukan perawatan dan penggantian oli transmisi, maka usia kampas kopling bisa berubah jadi lebih pendek.
Yang jelas, pemilik kendaraan harus peka dalam merasakan perubahan yang terjadi pada mobilnya. Jika mobil terasa melemah akselerasinya atau tak lagi mampu dibawa menanjak, sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk dicek kampas koplingnya.
Jangan lupa menyiapkan budget lebih sebagai dana perbaikan dan perawatan untuk service mobil sesuai dengan jenis mobil, karena biasanya setiap teknik membutuhkan biaya yang berbeda-beda.
Pesan dari kami, berhati-hatilah saat berkendara, karena selain nyawa taruhannya, biaya perbaikannya juga mahal.
Pentingnya asuransi mobil
Dari uraian di atas, kamu sadar betul bukan kalau perawatan mobil itu harus dilakukan secara rutin dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Lantas, bagaimana dengan bagian mobil lainnya? Berapa budget yang perlu disiapkan untuk merawat dan memperbaiki bagian mobil lain?
Nah, tidak perlu khawatir. Saat ini, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan asuransi mobil. Di zaman sekarang, ada banyak sekali asuransi mobil yang menjamin biaya perbaikan kerusakan mobil, baik yang ringan hingga kerusakan berat.
Pilih polis terbaik sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan kamu. Terdapat dua pilihan polis asuransi mobil, yaitu:
- Asuransi Mobil All-Risk: Polis asuransi mobil yang memberi pertanggungan biaya ganti rugi untuk seluruh risiko. Baik kerusakan kecil, rusak total, hingga kehilangan kendaraan.
- TLO (Total Loss Only): Polis asuransi mobil yang memberi ganti rugi untuk kerusakan total atau kehilangan, atau bila biaya perbaikan lebih dari 75% dari harga mobil.
FAQ
Berapa biaya pasang kampas kopling mobil?
Biaya ganti kampas kopling mobil matic cukup variatif tergantung dari bengkel yang dipilih serta jenis mobil yang dimiliki.
Untuk bengkel resmi, biaya penggantian kampas kopling biasanya cukup mahal, yakni bisa menyentuh angka Rp1 juta ke atas untuk spare part ditambah Rp 800 ribu hingga Rp900 ribu untuk biaya jasa perbaikannya.
Namun kamu bisa mendapat harga yang lebih murah jika melakukan penggantian kampas kopling di bengkel umum.
Berapa lama kampas kopling mobil matic harus diganti?
Sebetulnya tidak ada patokan kapan kampas kopling mobil matic harus diganti karena semua kembali lagi kepada cara pemakaian dan rutin tidaknya dliakukan perawatan oli. Sebaiknya, lakukan perawatan rutin jika ingin kampas kopling awet.
Apakah mobil matic perlu ganti kampas kopling?
Mobil matic juga perlu dilakukan penggantian kampas kopling sebab kampas kopling bisa saja habis karena telah melewati batas usia pemakaian atau karena penggunaan kendaraan yang kurang baik.
Apakah ganti kampas kopling mobil harus satu set?
Penggantian kampas kopling biasanya dilakukan ke satu set sekaligus karena usia pemakaiannya sama.
Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang
Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan
|
Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!
Cek harga premi secara online
Bagikan: