Tekanan ban mobil

Salah satu faktor yang cukup krusial dalam laju kendaraan adalah tekanan di bannya. Tekanan ban pada tiap mobil memiliki standarnya masing-masing. Bahkan, ada juga mobil yang memiliki tekanan berbeda antara ban depan dan belakang. 

Contohnya mobil Avanza, tekanan ban depannya adalah 34 psi (234 kPa, 2,3 bar), sedangkan tekanan ban belakangnya lebih besar, yaitu 38 psi (260 kPa, 2,6 bar). Beda halnya dengan ban Voxy yang ukuran tekanannya sama. Baik bagian ban depan maupun belakang, yaitu 35 psi (240 kPa, 2.4 bar). Ukuran tekanan ban mobil yang sesuai dengan standar, membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

Yuk, cari tahu di sini ukuran tekanan ban yang sesuai standar dan paling aman untuk kendaraanmu.

Konten

  1. Cara Mengukur Tekanan Ban Mobil
  2. Mengapa Harus Rutin Mengecek Tekanan Ban Mobil?
    1. Bahaya Tekanan Ban Mobil Kurang
      1. Bahaya Tekanan Ban Mobil Berlebih
        1. Daftar Standar Tekanan Angin Ban Mobil
        2. Tips Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil

          Cara Mengukur Tekanan Ban Mobil

          Tekanan ban yang kurang umumnya bisa terlihat secara kasat mata. Namun untuk mengetahui tekanan ban benar-benar sama dan seimbang, tentu harus diukur menggunakan alat khusus.

          Alat pengukur tekanan ban ini biasanya mudah kamu temui di bengkel atau penjual nitrogen yang ada di SPBU. Cara mudah mengukur tekanan ban dengan alat ini, yaitu:

          —-

          Selain ukuran tekanan ban yang berbeda untuk tiap tipe, ban juga memiliki banyak jenisnya. Salah satunya adalah ban tubeless. Ketahui juga apa perbedaan ban tubeless dan ban biasa.

          —-

          Mengapa Harus Rutin Mengecek Tekanan Ban Mobil?

          Informasi mengenai tekanan ban standar atau ideal untuk tiap mobil biasanya terdapat pada frame pilar pintu depan kanan mobil (pintu pengemudi). Ada baiknya gunakan aturan standar tersebut ketika akan mengisi ulang ban mobil kamu.

          Memeriksa tekanan ban idealnya dilakukan sebulan sekali atau akan lebih baik jika melakukan pemeriksaan juga ketika akan berkendara jauh.

          Pemeriksaan tekanan ban secara rutin memiliki manfaat, yaitu:

          1. Menghemat bahan bakar

          Tekanan ban yang pas akan membantu kerja mesin agar tidak terlalu berat sehingga tidak memakan lebih banyak bahan bakar.

          Tekanan ban yang kurang atau ban kempes membuat mesin harus bekerja lebih keras karena telapak ban mengalami gesekan yang lebih lebar. Hal inilah yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak.

          2. Menjaga kualitas ban agar awet

          Menjaga tekanan ban tetap sesuai dengan ukuran standarnya adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas ban agar tetap baik dan berumur lebih panjang.

          Biasanya ban yang sering digunakan dalam kondisi kempes atau kurang angin akan cepat rusak, terutama mengalami retak pada bagian samping ban.

          Meski demikian, ban merupakan salah satu sparepart  mobil yang harus rutin diganti. Sebaiknya kamu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobilmu sebelum mengalami kerusakan parah.

          3. Meminimalkan risiko kecelakaan

          Penting untuk menjaga tekanan ban kamu sesuai standar, tidak terlalu kempes atau juga terlalu keras. Kedua hal ini bisa memicu ban pecah ketika dikendarai dan berisiko menyebabkan kecelakaan.

          Terlebih jika kamu melaju dengan kecepatan tinggi, tentu ini akan lebih membahayakan. Perlu diperhatikan juga ketika kamu mengendarai mobil di jalan tol. Umumnya tekanan ban di tol memang harus benar-benar sesuai standar atau diperbolehkan naik 1-2 psi per bannya.

          Hal ini karena di jalan tol umumnya pengendara akan berkendara dengan kecepatan tinggi sehingga dibutuhkan kondisi mobil yang stabil.

          Faktanya, hampir 80% kecelakaan di jalan tol justru disebabkan tekanan ban yang tidak standar atau tidak seimbang.

          4. Mempermudah kontrol kemudi

          Tekanan ban yang kurang ternyata dapat mempengaruhi kontrol kemudi. Umumnya tekanan ban depan belakang memang berbeda, tetapi kanan dan kiri harus seimbang.

          Jika misalnya pada ban mobil depan memiliki tekanan yang kurang serta tidak seimbang antara kiri dan kanan, kemudi akan lebih sulit dikontrol. Ban justru akan cenderung mengarah pada posisi ban yang tekanannya lebih kecil dan ini tentu bisa membahayakan.

          Bahaya Tekanan Ban Mobil Kurang

          Banyak orang yang lebih suka mengatur tekanan ban lebih rendah dari tekanan ideal atau standarnya. Hal ini sebetulnya tidak disarankan. Sebab dapat menimbulkan beberapa resiko, seperti:

          1. Ban mobil jadi lebih cepat botak

          Ketika tekanan ban terlalu rendah, sedangkan mobil harus membawa berat beban yang sama atau bahkan lebih, ini akan membuat gesekan ban dengan jalan semakin besar dan berat.

          Akibatnya, alur pada ban akan cepat botak atau halus. Itu berarti mengurangi tekanan ban dari ukuran seharusnya justru membuat kamu harus lebih sering mengganti ban baru. 

          2. Risiko kecelakaan yang membahayakan pengendara

          Tekanan ban ditentukan berdasarkan banyak hal, berat mobil, berat maksimal beban, dan sebagainya.

          Fungsi dan tekanan ban sendiri adalah untuk menyerap guncangan pada permukaan jalan, menopang beban kendaraan dan beban penumpang atau muatan, penerus traksi dan gaya pengereman, serta mendukung kinerja ban.

          Itu berarti tekanan dalam ban memang memiliki fungsi yang vital bagi sebuah mobil.

          Jika tekanan ban dibuat lebih rendah, tentu ini akan mengganggu kinerja mobil dan dapat menimbulkan risiko kecelakaan yang dapat membahayakan pengendara.

          3. Memicu pecah ban

          Tekanan ban yang lebih rendah dari standar idealnya juga bisa memicu kerusakan pada ban. Tak hanya retak atau lubang, ban mobil kamu bahkan bisa meledak. Hal ini bisa sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

          Bahaya Tekanan Ban Mobil Berlebih

          Selain mengatur tekanan ban lebih rendah, biasanya orang juga akan mengatur agar tekanan ban jauh lebih besar dari ukuran semestinya.

          Sebenarnya, penambahan tekanan ban hingga 1-2 psi di atas standar masih dinilai aman. Akan tetapi, jika berlebihan  juga dapat menimbulkan risiko, seperti:

          1. Menurunnya daya penyerapan getaran oleh ban

          Tekanan ban yang terlalu tinggi membuat volume udara dalam ban juga semakin tinggi sehingga membuat ban akan terasa sangat keras.

          Hal ini ternyata dapat membuat kemampuan ban untuk menyerap getaran semakin menurun. Akibatnya, muncul rasa tidak nyaman ketika berkendara.

          2. Stabilitas kemudi berkurang

          Saat tekanan ban terlalu besar, efek sampingnya adalah handling mobil menjadi berkurang. Tekanan ban yang terlalu tinggi membuat ban menjadi keras sehingga ban akan semakin kaku.

          Hal ini juga akan berefek pada menurunnya kemampuan ban dalam mencengkeram jalan dan dapat mengakibatkan mobil slip.

          3. Bagian tengah ban lebih cepat tipis

          Saat ban terlalu keras, bagian tengah dari ban akan terlihat lebih menonjol. Hal ini dapat menyebabkan bagian tengah ban lebih cepat halus.

          Padahal, ban yang sudah tampak halus harus segera diganti. Sebab dapat menimbulkan risiko kebocoran ban akibat benda tajam dan juga semakin menurunnya daya cengkram ban.

          Daftar Standar Tekanan Angin Ban Mobil

          Beberapa faktor memang dapat menyebabkan tekanan ban yang dibutuhkan suatu mobil akan berbeda dengan mobil yang lainnya.

          Misalnya, jenis mobil SUV akan memiliki standar tekanan ban yang berbeda dengan jenis mobil niaga. Hal ini karena tiap-tiap mobil sudah didesain untuk kebutuhan yang berbeda pula. 

          Berikut ini adalah beberapa contoh standar ukuran tekanan ban untuk berbagai jenis kendaraan roda empat.

          Banyak orang yang berpikir bahwa tekanan ban juga dipengaruhi ukuran ring ban itu sendiri.

          Misalnya, tekanan ban ring 14 harusnya lebih besar dari tekanan ban ring 13 karena memiliki ukuran diameter ban yang lebih besar. Lantas, benarkah demikian?

          Faktanya tekanan ban tidak begitu terpengaruh oleh ukuran ring ban ataupun ukuran velg. Meskipun kamu mungkin sudah mengubah atau memodifikasi ukuran ban, belum tentu juga tekanan ban ikut berubah. Meskipun demikian, kamu tetap harus memperhatikan jenis dan velg terbaik yang cocok untuk mobilmu, ya.

          Tekanan ban sendiri sebenarnya dipengaruhi tiga faktor utama, yaitu:

          Tips Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil

          Selain memastikan ukuran angin ban mobil sesuai, kamu juga perlu menjaga tekanan angin ban agar bisa terus berkendara dengan aman dan nyaman. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan:

          1. Periksa tekanan secara rutin

          Cek tekanan angin ban setidaknya sekali sebulan dan sebelum perjalanan jauh. Gunakan alat pengukur tekanan ban yang akurat.

          2. Ikuti rekomendasi pabrikan

          Sesuaikan tekanan angin dengan rekomendasi pabrikan yang biasanya tertera di pintu kendaraan atau manual pengguna. Tekanan yang tepat memastikan kinerja ban optimal.

          3. Periksa saat ban dingin

          Cek tekanan ban saat ban dalam kondisi dingin, yaitu saat kendaraan belum digunakan selama beberapa jam. Ini memberikan pembacaan yang lebih akurat.

          4. Jangan lupakan ban cadangan

          Pastikan ban cadangan juga memiliki tekanan yang tepat, sehingga siap digunakan saat darurat.

          5. Hindari tekanan yang terlalu rendah atau tinggi

          Tekanan ban yang terlalu rendah meningkatkan risiko pecah ban dan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, sedangkan tekanan yang terlalu tinggi mengurangi traksi dan kenyamanan berkendara.

          Dengan menjaga tekanan angin ban yang tepat, kamu dapat memperpanjang umur ban, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan menjaga keselamatan berkendara.

          Untuk berkendara lebih aman dan nyaman, kamu bisa lengkapi perlindungan dengan asuransi kendaraan. Asuransi Mobil All Risk dari Roojai Indonesia, yang memberikan uang pertanggungan sampai dengan Rp. 2 Miliar. Selain manfaat utama tersebut, proteksi mobil yang komprehensif ini juga menyediakan perluasan coverage yang mencakup manfaat untuk memperbaiki mobil di bengkel resmi (baik Honda maupun merk lain), perlindungan tanggung jawab hukum pihak ketiga, jaminan kecelakaan diri, bencana alam, huru-hara, terorisme, dan sabotase. 

          Tidak sampai disitu, manfaat Asuransi Mobil All Risk Roojai Indonesia juga memberikan perluasan manfaat Uang Transport pengganti saat mobilmu diperbaiki, dan Emergency Roadside Assistance apabila kamu membutuhkan bantuan darurat saat mobil mengalami masalah di tengah jalan.

          Heru Panatas

          Ditulis oleh

          Heru Panatas

          Motor Vehicle Claim Manager

          Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

          Bagikan:

          Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

          Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

          Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

          |

          Lihat premi dalam 30 detik.
          Gak perlu kasih info kontak!