biaya ganti selang ac mobil I roojai.co.id

iaya ganti selang AC mobil dapat beragam di setiap bengkel. Beberapa faktor seperti tingkat kerusakan hingga jenis bengkel juga akan berpengaruh pada besaran biayanya. Ketahui apa saja faktornya dan juga alasan mengapa selang AC mobil perlu diganti dalam pembasahan berikut ini, yuk!

Konten

  1. Biaya Ganti Selang AC Mobil
  2. Faktor yang Berpengaruh pada Biaya Ganti Selang AC Mobil
    1. Kenapa Selang AC Mobil Perlu Diganti?
      1. Tips Merawat Selang AC Mobil

        Biaya Ganti Selang AC Mobil

        Selang AC mobil bocor tidak dapat dianggap sepele karena dapat menimbulkan berbagai masalah lainnya. Kebocoran ini dapat menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin karena refrigeran atau freon keluar dari sistem.

        Selain itu, selang bocor atau rusak yang dibiarkan maka seiring waktu dapat menyebabkan kerusakan pada komponen AC lainnya. Biaya ganti selang AC mobil di bengkel berkisar mulai dari Rp350 ribu. Namun ini belum termasuk biaya bongkar dan pasangnya, serta biaya lain seperti jasa press selang AC mobil.

        Umumnya selang AC yang bocor akan menyebabkan freon berkurang sehingga kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk mengisi freon. Berikut adalah beberapa estimasi biaya perbaikan AC mobil lainnya:

        Biaya tersebut tentunya hanya estimasi karena biaya sesungguhnya akan berbeda di setiap bengkel. Setiap jenis mobil juga tentu memiliki harga komponen yang berbeda-beda.

        Faktor yang Berpengaruh pada Biaya Ganti Selang AC Mobil

        Tentu bukan hanya bengkel dan jenis kendaraan yang jadi faktor penentu harga ganti selang AC mobil dan perawatan lainnya. Berikut adalah faktor-faktor yang berpengaruh pada biaya ganti selang ac mobil.

        1. Jenis Mobil

        Biaya ganti selang AC dapat bervariasi tergantung pada jenis dan merek mobil. Mobil dengan desain yang lebih rumit atau merek premium biasanya memiliki biaya suku cadang dan tenaga kerja yang lebih tinggi.

        Sebaliknya, mobil yang lebih umum atau model yang lebih tua mungkin lebih terjangkau.

        2. Tipe Selang AC

        Selang AC terdiri dari berbagai jenis dan harganya dapat bervariasi berdasarkan spesifikasi teknisnya. Selang yang lebih tahan lama atau dirancang untuk kinerja yang lebih baik biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan yang standar.

        3. Biaya Suku Cadang

        Harga suku cadang, termasuk selang AC itu sendiri, berperan signifikan dalam total biaya. Suku cadang asli (OEM) cenderung lebih mahal dibandingkan dengan suku cadang aftermarket (diproduksi pihak ketiga).

        Tentunya harga lebih mahal dari suku cadang asli ini dikarenakan mereka menawarkan kualitas yang lebih baik dan umur pakai yang lebih lama.

        4. Biaya Jasa

        Selain harga selang AC yang harus dibayarkan, tentu ada juga biaya jasa atau servis yang harus dibayarkan. Biaya jasa sendiri akan bergantung pada tingkat kerusakan dan juga kerumitan model kendaraan.

        5. Kondisi AC Mobil

        Jika ada masalah lain pada sistem AC, seperti kerusakan pada kompresor atau komponen lain, maka biaya ganti selang AC mobil pun jadi meningkat. 

        Sebelum mengganti selang, teknisi mungkin perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan tidak ada kerusakan tambahan.

        6. Jenis Bengkel

        Jenis bengkel yang kamu pilih juga berpengaruh pada biaya. Bengkel resmi dari produsen mobil biasanya mematok tarif lebih tinggi karena mereka menggunakan suku cadang asli, memiliki teknisi bersertifikat, dan fasilitas yang cenderung lebih lengkap.

        Sebaliknya, bengkel umum mungkin menawarkan harga yang lebih terjangkau. Meskipun begitu, bengkel umum juga banyak yang memiliki reputasi dan kualitas layanan yang sangat baik.

        Kenapa Selang AC Mobil Perlu Diganti?

        Kebocoran kecil pada selang mungkin membuat kamu berpikir bahwa perbaikan tidak harus langsung dilakukan. Berikut beberapa alasan mengapa selang perlu diganti:

        1. Kebocoran yang Mengganggu Kinerja AC

        Jika udara yang dikeluarkan tidak lagi dingin atau sejuk maka tandanya kerusakan tersebut harus segera diperbaiki. Jika kebocoran dibiarkan terlalu lama, sistem AC akan berhenti berfungsi sepenuhnya. Tentu ini akan sangat mengganggu saat berkendara di cuaca panas.

        2. Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut pada Komponen Lain

        Ketika selang AC mengalami kerusakan, bukan hanya sistem pendinginan yang terganggu, tetapi juga komponen lain seperti kompresor AC dapat terkena dampaknya.

        Kompresor memerlukan refrigeran yang cukup untuk berfungsi dengan baik, dan jika refrigeran bocor, kompresor akan bekerja lebih keras dan dapat mengalami kerusakan. Mengganti selang yang rusak dapat mencegah perbaikan yang lebih mahal di masa depan.

        3. Memastikan Kenyamanan Pengemudi dan Penumpang

        Selang AC yang bocor dapat memungkinkan masuknya kotoran, debu, atau bahkan uap berbahaya ke dalam sistem. Hal ini dapat menyebabkan bau tidak sedap saat AC dinyalakan.

        Selain itu, kondisi ini juga berpotensi membahayakan kesehatan pengemudi dan penumpang jika partikel atau uap tersebut terhirup. 

        4. Perpanjangan Umur Sistem AC

        Merawat selang AC dengan baik dan menggantinya ketika sudah rusak merupakan salah satu cara untuk memperpanjang umur sistem AC mobil.

        Selang yang bocor atau aus akan memengaruhi seluruh kinerja AC, dan sistem yang terus-menerus bekerja dalam kondisi tidak optimal akan lebih cepat mengalami kerusakan.

        Tips Merawat Selang AC Mobil

        Supaya AC mobil terhindar dari kerusakan, simak tips merawatnya berikut ini:

        1. Cek dan Ganti Filter Kabin Secara Berkala

        Filter kabin yang kotor dapat menghalangi aliran udara dingin. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti filter secara teratur agar sirkulasi udara tetap optimal.

        2. Bersihkan Kondensor AC

        Kondensor AC yang berada di depan radiator dapat tersumbat kotoran dan debu. Membersihkannya secara rutin dapat menjaga efisiensi pendinginan.

        3 Jangan Gunakan AC saat  Mesin Mati

        Menyalakan AC saat mesin mati bisa merusak kompresor AC karena tidak ada aliran oli pelumas. Selalu pastikan mesin hidup sebelum mengaktifkan AC.

        4. Periksa Tekanan Freon

        Pastikan tekanan freon berada pada level yang tepat. Jika terlalu rendah, segera isi ulang untuk menjaga kinerja AC tetap optimal.

        Kekurangan freon dalam sistem bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk selang AC mobil beku yang bisa membuat AC di kabin tidak dingin.

        5. Gunakan AC Secara Rutin

        Menyalakan AC secara teratur, meskipun hanya sebentar, membantu menjaga sirkulasi oli di dalam kompresor dan mencegah komponen AC mengering. Pastikan juga kamu mengikuti pengaturan suhu AC mobil yang benar agar performa kendaraan tetap baik.

        6. Servis Berkala

        Lakukan perawatan dan pengecekan rutin di bengkel resmi atau bengkel AC yang tepercaya untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

        Perawatan kendaraan secara rutin dapat menghindarkan kamu dari kerusakan yang fatal atau paling tidak memperpanjang usia suku cadang kendaraan.Selain merawat kendaraan secara rutin, pastikan juga kendaraan kesayangan kamu ter-cover asuransi mobil All Risk terbaik yang menanggung segala jenis risiko. Hindari kerugian finansial yang tidak perlu jika risiko-risiko yang tidak diinginkan menimpa mobil kesayanganmu.

        Muhammad Vigo Sofyan

        Ditulis oleh

        Muhammad Vigo Sofyan

        IT QA Specialist

        Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

        Bagikan:

        Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

        Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

        Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

        |

        Lihat premi dalam 30 detik.
        Gak perlu kasih info kontak!