Salah satu aspek penting dalam berkendara adalah di sistem pengereman. Untuk itu, jangan abaikan waktu mengganti kampas rem mobil mu. Sebetulnya, untuk mengetahui apakah kampas rem sudah mau habis atau belum bukanlah hal sulit. Salah satunya yakni timbul bunyi ketika melakukan pengereman. Jika sudah begini, segeralah ke bengkel untuk melakukan pengecekan dan menggantinya.
Lalu, sebenarnya kapan waktu yang disarankan untuk mengganti kampas rem mobil? Sebaiknya kamu mengganti kampas rem jika mobil sudah menempuh karak 40.000km. Tapi, jika dalam pemakaiannya kamu sering melewati jalan menanjak, berkelok, dan menempuh perjalanan jarak jauh, maka masa penggantian kampas rem mobil bisa lebih cepat lagi. Yuk, baca selengkapnya mengenai ciri-ciri kampas rem harus diganti, biaya, jenis, tips merawat, dan rekomendasi bengkel yang bisa kamu kunjungi.
Konten
Kapan Harus Ganti Kampas Rem Mobil?
Seperti disebutkan di atas, penggantian kampas rem mobil dilakukan setelah mencapai jarak tempuh 40.000km. Namun di beberapa jenis mobil bertransmisi manual, penggantian kampas rem mobil bisa dilakukan setelah menempuh jarak 70.000km. Tentunya ini harus disesuaikan dengan penggunaan juga.
Karena tak ada patokan pasti, sebaiknya kamu rutin mengecek kondisi kampas rem mobil secara berkala di bengkel. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggantinya sebelum habis.
Ciri-ciri Kampas Rem Harus Diganti
Terdapat ciri pada kampas rem mobil habis dan kamu harus segera menggantinya sebelum mengganggu kinerja mobil. Simak ciri-cirinya di bawah ini.
1. Pijakan rem semakin dalam
Jika saat menginjak pedal rem ternyata pijakannya agak dalam namun tingkat pengereman kurang maksimal, maka tandanya kampas rem sudah haus alias menipis.
Rem mobil memiliki sistem pegas pengembali. Jadi sejauh apapun piston mobil bergerak, maka pedal rem akan kembali ke posisi semula secara otomatis.
Makanya, jika kampas rem masih tebal, piston hanya perlu sedikit gerakan saja untuk membuat mobil mengerem. Namun jika kampasnya sudah tipis, piston harus bergerak lebih jauh agar rem tertekan. Sehingga hal tersebut menjadi penyebab rem mobil terlalu dalam.
2. Rem terasa bergetar saat diinjak dalam kecepatan tinggi
Pada dasarnya, getaran yang terjadi pada rem ini berasa dari permukaan kampas yang sudah tidak rata atau sudah tipis. Hal ini membuat piringan cakram rem tak mampu mencengkram kampas dengan sempurna dan akan menghasilkan getaran saat kita menginjak pedal rem.
Untuk kondisi yang lebih buruk, getaran tersebut tak hanya terjadi pada pedal rem saja, tapi sampai ke stir mobil. Kalau sudah begini, jangan lagi dibawa jauh, cepat bawa ke bengkel untuk mengganti kampas rem mobil.
3. Terdengar suara gesekan logam saat rem diinjak
Terdengarnya suara seperti logam bergesek saat melakukan pengereman merupakan indikasi bahwa kampas rem kita sudah tipis atau habis. Karena ternyata bunyi tersebut berasal dari gesekan besi pada cakram rem yang sudah tak terlapisi cakram dengan baik.
4. Turunnya minyak rem kemungkinan menandakan kampas rem harus diganti
Menipisnya kampas rem bisa membuat minyak rem berkurang. Buka kap mobil, cek kondisi minyak rem dari sana. Lihat, jika tak ada kebocoran maka turunnya minyak rem menandakan habisnya kampas rem.
Memang ketika kampas rem menipis maka akan memaksa piston rem mobil bergerak lebih jauh. Nah, kondisi ini akan menambah ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper sehingga mengakibatkan minyak rem turun.
Untuk menghindari biaya service yang membengkak, selain mengganti kampas rem, sebaiknya kamu juga mengetahui beberapa sparepart mobil yang harus rutin diganti.
Biaya Ganti Kampas Rem
Mengganti kampas rem adalah salah satu perawatan rutin yang sangat penting untuk menjaga keselamatan saat berkendara. Biaya untuk mengganti kampas rem mobil bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti merek mobil, jenis kampas rem yang digunakan, dan lokasi bengkel. Umumnya, biaya untuk mengganti kampas rem berkisar antara Rp300.000 hingga Rp1.500.000, termasuk biaya jasa pemasangan. Namun ada juga bengkel yang memisahkan biaya jasa.
Pasang kampas rem di bengkel
Memasang kampas rem di bengkel merupakan pilihan yang aman dan nyaman bagi banyak pemilik mobil. Di bengkel, kampas rem akan dipasang oleh mekanik profesional yang memiliki pengalaman dan alat yang tepat. Selain itu, bengkel juga dapat memberikan jaminan atau garansi untuk pekerjaan yang dilakukan. Ini memastikan bahwa kampas rem dipasang dengan benar berfungsi dengan baik setelah perawatan.
Harga pemasangan kampas rem di bengkel dapat bervariasi, tergantung dari jenis dan merek kampas rem yang akan digunakan. Misalnya, untuk harga ganti kampas rem mobi Toyotal Avanza contohnya, berkisar Rp240 ribu untuk kampas non original, sedangkan kampas originalnya dibanderol Rp370 ribu.
Berbeda dengan Toyota Innova, di mana harga ganti kampas rem mobil ini berkisar Rp900 ribuan. Sedangkan Toyota Yaris berkisar di angka Rp951 ribu untuk yang bertransmisi matic dan Rp860 ribuan untuk Toyota Yaris transmisi manual.
Nah, harga ganti kampas rem mobil lainnya yang terjangkau adalah Honda. Seperti Honda Mobilio misalnya, harga kampas remnya hanya berkisar Rp195 ribu hingga Rp205 ribuan saja.
Namun harga di atas belum termasuk dengan ongkos jasa bengkelnya, ya. Biasanya, kamu akan dikenai biaya tambahan sekitar Rp100 ribu hingga Rp150 ribu untuk ongkos jasanya.
Jangan lupa menyiapkan budget lebih sebagai biaya service mobil yang sesuai dengan jenis mobil, karena biasanya setiap teknik membutuhkan biaya yang berbeda-beda.
Cara pasang kampas rem mobil sendiri
Bagi kamu yang ingin menghemat biaya, memasang kampas rem mobil sendiri bisa menjadi pilihan. Namun, perlu diingat bahwa memasang kampas rem memerlukan keterampilan dasar mekanik dan alat-alat yang tepat. Berikut ini cara ganti kampas rem mobil sendiri dari rumah.
Pertama, siapkan peralatan kunci-kunci mobil seperti kunci roda, dongkrak, satu set kampas rem mobil, kunci ring ukuran 12-17, break piston pressing tool. Pastikan mobil tak dalam keadaan panas atau baru dipakai berkendara agar aman saat proses pembongkaran rem.
Kedua, masuk ke dalam tahap pembongkaran roda. Dimulai dari membuka mur roda menggunakan kunci roda. Putar kunci ke arah berlawanan jarum jam. Putar sampai kendor.
Dongkrak ban mobil sampai terangkat. Lalu copot mur tersebut dan dilanjut dengan mencopot ban dari sasis mobil.
Setelah itu, buka kaliper rem menggunakan kunci sok yang sesuai ukuran. Pada mobil keluaran Jepang, umumnya memakai dua keping kaliper geser. Barulah lepas kampas rem lama.
Ketiga, mulai pada tahap pemasangan kembali kampas rem baru mobil. Jangan lupa semprotkan cairan anti karat pada bagian belakang kampas rem. Fungsinya supaya ketika dipakai tak menimbulkan bunyi tak nyaman.
Jangan lupa tambahkan oli rem supaya kinerjanya optimal. Jika sudah, pasangkan kembali seperti semula. Pasang kembali roda beserta murnya seperti semula.
Setelah semua terpasang kembali, jangan lupa cek rem dengan cara menginjak pedal sebanyak 15-20 kali agar kampas merekat sempurna.
Jika kamu merasa kurang yakin, sebaiknya percayakan pemasangan kampas rem kepada profesional di bengkel untuk menghindari risiko kesalahan yang dapat membahayakan keselamatan mu.
Jenis Kampas Rem
Ada beberapa jenis kampas rem yang umum digunakan pada kendaraan, masing-masing memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda:
1. Kampas rem organik
- Terbuat dari campuran bahan-bahan organik seperti karet, karbon, kaca, dan resin.
- Kampas rem organik cenderung lebih lembut dan tidak terlalu bising saat digunakan. Harganya juga relatif lebih murah.
- Kekurangan kampas rem ini adalah lebih cepat aus dibandingkan jenis lainnya dan tidak terlalu efektif pada kondisi suhu tinggi atau penggunaan berat.
2. Kampas rem semi-metallic
- Materialnya terbuat dari campuran serat logam (seperti baja atau tembaga) dengan bahan organik.
- Keunggulannya, tahan lama dan memiliki daya cengkeram yang baik, terutama pada suhu tinggi. Cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun kondisi yang lebih berat.
- Kekurangan kampas rem ini lebih bising dan dapat menyebabkan aus pada cakram rem lebih cepat.
3. Kampas rem keramik
- Dibuat dari bahan keramik yang dicampur dengan serat tembaga.
- Kelebihan kampas rem keramik dikenal sangat tahan lama, ringan, dan menghasilkan sedikit debu. Suaranya juga lebih tenang dibandingkan jenis semi-metallic.
- Harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya dan mungkin tidak cocok untuk kendaraan berat atau kondisi ekstrem.
4. Kampas rem low-metallic NAO
- Kampas rem jenis ini merupakan campuran bahan organik dengan kandungan logam rendah, seperti tembaga atau besi.
- Kelebihannya efektif dalam pembuangan panas dan memiliki performa yang baik pada kondisi suhu tinggi.
- Kelemahannya cenderung lebih berisik dan menghasilkan lebih banyak debu.
Tips Merawat Kampas Rem
Merawat kampas rem secara rutin adalah kunci untuk memastikan sistem pengereman kendaraan mu berfungsi dengan optimal dan aman. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kampas rem:
1. Periksa kampas rem secara berkala
Periksa kondisi kampas rem setidaknya setiap 10.000 km atau sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan ketebalan kampas rem dan ganti jika sudah terlalu tipis.
2. Hindari pengereman mendadak
Menghindari pengereman mendadak dapat memperpanjang usia kampas rem. Pengereman yang halus dan bertahap juga membantu mengurangi beban pada kampas rem.
3. Gunakan kampas kem yang sesuai
Pastikan kamu menggunakan kampas rem yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan mu. Kampas rem yang tidak sesuai dapat mempercepat keausan dan mengurangi efektivitas pengereman.
4. Perhatikan kondisi cakram rem
Selain kampas rem, kondisi cakram rem juga penting. Pastikan cakram rem tidak terlalu aus atau bengkok, karena hal ini dapat mempengaruhi performa kampas rem.
5. Jaga kebersihan sistem rem
Debu, kotoran, dan oli yang menempel pada kampas atau cakram rem dapat mengurangi performa pengereman. Bersihkan sistem rem secara berkala untuk menjaga kebersihannya.
6. Ganti kampas rem secara berkala
Jangan menunggu hingga kampas rem habis sepenuhnya untuk diganti. Gantilah kampas rem secara berkala sesuai dengan jarak tempuh atau ketika kamu merasakan penurunan performa pengereman.
Dengan merawat kampas rem dengan baik, kamu tidak hanya memastikan keamanan saat berkendara, tetapi juga memperpanjang usia komponen rem kendaraan mu.
Selain merawat kampas rem, ada beberapa sparepart mobil yang perlu kamu perhatikan juga. Salah satunya adalah oli mobil. Sebaiknya kamu cek oli mobil secara rutin untuk menghindari kerusakan berkelanjutan.
Rekomendasi Bengkel Kampas Rem di Kota-Kota Besar
Nah, jika kamu tak percaya diri untuk melakukan ganti kampas rem mobil sendiri di rumah, kamu juga bisa membawa mobil ke bengkel ganti kampas rem mobil supaya ditangani oleh teknisi yang ahli di bidangnya.
Berikut adalah daftar bengkel ganti kampas rem mobil terdekat di beberapa kota besar di Indonesia:
Jakarta dan Tangerang
1. Bengkel Lancar Jaya Ban 2
Jalan Letjen Suprapto Nomor 11 RT08/03, Cempaka Putih, Jakarta Pusat
2. Bengkel Toko AA Ban
Jalan Raya Daan Mogot Nomor 48, RT06/06, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat
3. Bengkel Pondok Labu Motor
Jalan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan
4. Bengkel Lucky Motor
Jalan Raya Pondok Gede Nomor 3 RT04/08, Cipayung, Jakarta Timur
5. Bengkel Butik Oli
Jalan Boulevard Artha Gading Blok A7A, Nomor 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara
6. DSP Motor Bengkel Power Steering dan Kaki-Kaki Specialist
Jalan Beringin Raya Nomor 1D RT03/08, Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang
7. Bengkel Mobil Jaya Karsa Motor
Jalan Raya Viktor BSD Nomor 7, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan
Bengkel kampas rem Bandung
1. RB Bengkel Mobil
Jalan Cimincrang Nomor 46, Cimenerang, Gedebage, Kota Bandung
2. Bengkel Kaki Mobil Arumsari Bandung
Jl. A.H. Nasution No.KM.10, Zipur IX, Kec. Cinambo, Kota Bandung
Service kampas rem di Surabaya
1. CV Jaya Raya Utama Spesialis Kampas Rem dan Kampas Kopling
Jalan Kedung Doro Nomor 115, Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya
2. Bengkel Koh Hay
Jl. Sidosermo Airdas I No.c57, Sidosermo, Kec. Wonocolo, Kota Surabaya
3. Jaya Anda Workshop – Car Suspension Specialist
Jl. Ngagel Tim. No.25, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota Surabaya
Bengkel kampas rem di Semarang
1. Bengkel Mobil Mapan
Jalan Ngasrep Barat Dalam III Nomor 6, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang
2. Bengkel Kampas Kopling Biyan Motor Semarang
Pasar Barito Baru Blok B63-65, Sambirejo, Gayamsari, Semarang
3. Bengkel Mobil Nugroho Motor
Cakrawala Tengah III No.20, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang
Bali
1. Bengkel Mobil Mertanadi
Jalan Mertasari Nomor 74, Sidakarya, Denpasar Selatan, Bali
2. Bengkel Mobil Wisma Motor
Pemogan, Denpasar Selatan, Denpasar
3. Bengkel Mobil Dua Putra
Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Sembung Gede, Kec. Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali
4. Marga Sakti
Jl. Gatot Subroto Barat No.123X, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali
Makassar
1. Bengkel Mahaputra
Jalan Bandang Nomor 33, Bontoala Tua, Bontoala, Kota Makassar
2. Bengkel Sul
Jl. Andi Djemma No.79, Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
3. Bengkel Makassing Jaya Motor
Jl. Nuri Baru No.110, Tamarunang, Kec. Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Padang
1. Arifandi Otomotif
Jalan Lubuk Rayo Kampung Apa, Lubuk Minturun, Kota Padang
2. Datu Motor
Jl. Pagang Raya-Siteba No.20 A, Kurao Pagang, Kec. Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat
Aceh
1. Bengkel Mobil NOM
Jalan Teuku Cik Ditiro, Lueng Bata, Kota Banda Aceh
Pontianak
1. Bengkel Suskes Jaya Abadi
Jalan HM Suwignyo, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak
Manado
1. Bengkel Mobil Melky Auto Servis
Jalan Raya Paniki Atas, Paniki Bawah, Mapanget, Manado
Dari uraian di atas, kamu pasti paham kalau perawatan mobil itu harus dilakukan secara rutin dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Belum lagi jika kamu mengalami kondisi yang tidak diinginkan. Asuransi mobil membantu kamu untuk menghadapi situasi tersebut, seperti kecelakaan baik kecil dan besar, terjebak huru-hara, bencana alam, sampai kehilangan. Dengan adanya asuransi mobil, perusahaan asuransi akan menjamin biaya perbaikan kerusakan mobil, baik yang ringan hingga kerusakan berat.Asuransi mobil all risk dari Roojai, memberikan perlindungan secara komprehensif untukmu. Roojai memiliki lebih dari 800 bengkel rekanan yang ada di Indonesia, premi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Roojai merupakan asuransi mobil terbaik yang cocok untuk kamu.
Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang
Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan
|
Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!
Cek harga premi secara online
Bagikan: